PARA TAMU YANG MULIA, SELAMAT BERKUNJUNG اهلا و سهلا مرحبا بكم جميعا

DISINI, KITA (MUSLIMIN SEJATI) BERBAGI INFORMASI ISLAMI UNTUK KEJAYAAN ISLAM SEJATI



DI TEPI PANTAI ATLANTIK

Selasa, 17 Januari 2012

NAHU-SARAF

MUQADDIMAH
Sebagai makhluk yang selalu berkomunikasi dengan sesamanya, manusia membutuhkan sarana untuk maksud tersebut. Sarana itu disebut dengan ‘bahasa’, yang dalam istilah Arab disebut ‘lughah’. Definisi ‘lughah’:
اللغةُ ألفاظٌ يُعبرُ بها كل قومٍ عن مقاصدهم.
Lughah adalah ucapan-ucapan yang dipergunakan oleh setiap kaum untuk melahirkan maksud hati mereka”.

واللغاتُ كثيرةٌ وهي مختلفةٌ من حيثُ اللفظُ، متحدةٌ من حيث المعنى، أي أن المعنى الواحدَ الذي يُخالجُ ضمائرَ الناس واحد.ولكنّ كلّ قومٍ يُعبرون عنه بلفظٍ غير لفظ الآخرين.واللغةُ العربيةُ هي الكلماتُ التي يُعبرُ بها العربُ عن اغراضهم. وقد وصلت إلينا من طريق النقل. وحفظها لنا القرآن الكريم والاحاديث الشريفة، وما رواهُ الثِّقات من منثور العرب ومنظومهم.
Dan bahasa itu banyak sekali, dan berbeda-beda dari segi ucapannya namun sama pada maksud yang dikandungnya. Artinya, sesungguhnya maksud yang memenuhi batin manusia memang sama, tetapi setiap kaum dalam menggambarkan maksudnya itu memiliki lafadl yang berlainan dari yang lainnya. Diantaranya, bahasa Arab, yaitu: ‘serangkaian kosa kata yang dipergunakan kaum Arab untuk menggambarkan maksud hati mereka’. Dan, bahasa mereka telah sampai kepada kita hari ini melalui jalan berpindah dari generasi ke generasi, dan Al-Quran dan Hadits telah pula melestarikannya, serta orang-orang kepercayaan telah meriwayat tentang prosa dan puisi mereka.

SEKILAS SEJARAH DAN NAMA ‘NAHU’
"اعلم أيدك الله تعالى بالتوفيق وأرشدك إلى سواء الطريق أن أول من وضع علم العربية وأسس قواعده وحد حدوده أمير المؤمنين علي بن أبي طالب عليه السلام، وأخذ عنه أبو الأسود الدؤلي،
Ketahuikanlah, semoga Allah swt meneguhkanmu dengan taufiqNya dan menunjukkan kamu kepada jalan yang lurus, sesungguhnya orang pertama yang merintis ilmu Bahasa Arab dan mengasaskan kaidah-kaidah serta definisi-definisinya adalah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra, dan Abul Aswad Ad-Du-aly mengambil dari beliau.

وسبب وضع علي عليه السلام لهذا العلم ما روى أبو الأسود، قال: دخلت على أمير المؤمنين علي بن أبي طالب -عليه السلام- فوجدت في يده رقعة، فقلت: ما هذه يا أمير المؤمنين؟ فقال: إني تأملت كلام العرب فوجدته قد فسد بمخالطة هذه الحمراء يعني الأعاجم فأردت أن أضع شيئا يرجعون إليه ويعتمدون عليه،
Pemicu Ali ra sehingga merintis ilmu ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Abul Aswad, beliau berkata: suatu hari, aku masuk ke tempat beliau ra, pada tangan beliau terdapat selembar kertas bertulis, maka aku bertanya: “wahai, Amirul Mukminin, apa ini?”  Beliau menjawab: “Aku sedang memikirkan kalam Arab, di mana aku dapati telah rusak-binasa gara-gara bercampur-baur ‘humarak’ ini, yaitu orang-orang non-Arab. Aku ingin menciptakan sesuatu yang bisa dijadikan rujukan dan pegangan kepadanya.

ثم ألقى إلي الرقعة وفيها مكتوب: الكلام اسم وفعل وحرف، فالاسم ما أنبأ عن المسمى والفعل ما أنبئ به والحرف ما أفاد معنى، وقال لي: انح هذا النحووأضف إليه ما وقع إليك، واعلم يا أبا الأسود أن الأسماء ثلاثة: ظاهر، ومضمر، واسم لا ظاهر ولا مضمر، وإنما يتفاضل الناس يا أبا الأسود فيما ليس بظاهر ولا مضمر، وأراد بذلك الاسم المبهم.
Lantas beliau mencampakkan kertas itu kepadaku. Disana tertulis: ‘Kalam itu adalah isim, fi’il dan huruf. Isim adalah kata-kata yang memberitahukan tentang zatnya. Sedangkan fi’il adalah kata-kata yang diberitakan dengannya. Dan, huruf adalah kata-kata yang melahirkan suatu pengertian. Setelah itu, beliau berkata: “Qashadlah (tempuhlah) jalan ini, sandarkanlah apa yang terjadi padamu, dan ketahuikanlah, wahai, Abul Aswad, sesungguhnya isim ada tiga: dlahir, mudhmar dan isim bukan dlahir bukan mudhmar. Dan, sesungguhnya, manusia berlebih-kurang, wahai, Abul Aswad, pada “isim tidak dlahir dan tidak mudhmar”. Beliau maksudkan dengan “isim tidak dlahir dan tidak mudhmar” adalah isim ‘mubham’.

قال: ثم وضعت بابي العطف والنعت، ثم بابي التعجب والاستفهام إلى أن وصلت إلى باب "إن وأخواتها ما خلا لكن" فلما عرضتها على علي -عليه السلام- أمرني بضم لكن إليها، وكنت كلما وضعت بابا من أبواب النحو عرضته عليه إلى أن حصلت ما فيه الكافية، قال: ما أحسن هذا النحو الذي قد نحوت! فلذلك سمي النحو"[1]
Selanjutnya, beliau berkata: “ciptakan juga dua bab lain: ‘athaf dan na’at. Lalu dua bab lain lagi: ‘ta’ajjub dan istifham, hingga sampai bab ‘inna dan saudara-saudaranya’ kecuali kata-kata “lakin”. Tetapi, ketika aku membawanya kepada beliau, beliau memerintahkan “lakin” untuk digabungkan dalalm sudara-saudara “inna”. Dan, setiap kali aku selesaikan satu bab ilmu Nahu, selalu aku membawa kepada beliau, hingga aku sudah merasa cukup. Akhirnya, beliau berkata: “Alangkah indahnya ilmu Nahu yang telah kamu tempuh”. Karena itulah dinamakan Nahwu (Qashad = menuju atau menempuh).

LATAR BELAKANG LAHIRNYA NAHU-SARAF
لما خشيَ أهلُ العربية عن ضياعها، بعد ان اختلطوا بالأعاجم، دوَّنوها في المعاجم (القواميس) وأصَّلوا لها اصولا تحفظها من الخطأ. وتسمى هذه الأصولُ "العلوم العربية".
Pada saat orang-orang Arab mengkhawatirkan kehilangan bahasa mereka, karena berbaurnya mereka dengan orang-orang ‘Ajam (non-Arab), mereka menyusun kamus-kamus serta meletakkan beberapa aturan dasar untuk menjaga kesalahan bahasa. Aturan dasar inilah yang kemudian  diistilahkan dengan ‘Ulumul Arabiyyah’ (ilmu-ilmu bahasa Arab).
فالعلومُ العربية هي العلوم التي يتوصلُ بها إلى عصمة اللسان والقلم عن الخطأ. وهي ثلاثة عشر علماً "الصرفُ، والإعرابُ (ويجمعهما اسمُ النحو)، والرسمُ، والمعاني، والبيان، والبديع، والعَروض، والقوافي وَقرْضُ الشعر والإنشاء والخطابة وتاريخُ الأدب ومَتنُ اللغة".
Maka ‘Ulumul Arabiyyah’ adalah serangkaian ilmu yang tersampaikan (mengajak) kepada menjaga dari kesalahan lidah dan pena. Semua ilmu itu ada 13 macam: 1. Saraf  2. I’rab (satu dan dua dinamakan ‘Nahu’) 3. Rasm 4. Ma’ani 5. Bayan 6. Badi’ 7. ‘Arudh 8. Qawafi 9. Qardhusy Sya’r 10. Insya’ 11. Khithabah 12. Tarikhul Adab 13. Matnul Lughah.
NAHU-SARAF
Dari ke tigabelas cabang-cabang ilmu Bahasa Arab , hanya dua saja yang kita vokuskan untuk sedikit ‘melirik’ keberadaannya, yaitu Saraf dan I’rab, yang pada dasarnya kedua-duanya disebut ilmu Nahu. Tetapi dalam perjalanan panjangnya kemudian berubah menjadikan ‘Nahu’ hanya berarti ‘ilmu I’rab’ saja, sehingga muncul term ‘Nahu-Saraf’.
Secara lughawy, Nahu mempunyai beberapa makna dalam pemakaian bahasa Arab, seperti temuan berikut ini:
النحو :القصد والطريق والجهة والمثل والمقدار والنوع[2]
Kata “Nahwu” bermakna ‘menuju’ atau ‘jalan’ atau ‘arah’ atau ‘seperti’ atau ‘ukuran’ atau ‘bagian’. Sedangkan lughat ‘Saraf’ diartikan sebagai berikut:

يطلق الصرف في اللغة العربية على معنى التغيير ومنه قولهم : صرف الكلام عن حقيقته أي غيَّره وبدله.
Pemaknaan kata ‘saraf’ dalam bahasa Arab kepada makna ‘berubaha’, diantaranya, ‘sarafal kalam ‘an hakikatihi’ = ‘merubah dan menggantikannya’.
وفي الإصطلاح يطلق على ثلاثة معاني :
Secara terminology, ‘saraf’ dipergunakan kepada tiga pengertian:
1.…تحويل اللفظ إلى أبنية مختلفة لغرض من الأغراض المعنوية كالتصغير واسم الفاعل واسم المفعول ونحوها
1.  Mengolah kata kepada bentuk-bentuk berbeda untuk suatu makna yang diinginkan, seperti ‘tashghir’ (mengandung makna kecil), ‘ismul maf’ul’ (subjek), ‘ismul maf’ul’ (objek) dan lain-lain seumpamanya.

2.… تغيير الكلمة عن أصل وضعها لغرض غير اختلاف المعاني كالإلحاق والتخلص من التقاء الساكنيين ويسمى هذا التغير بالإعلال
2.  Merubah kata dari bentuk dasar untuk suatu tujuan, tapi tidak berbeda makna, seperti ‘ilhaq’ (menghubungkan) dan ‘menghindari bertemu dua huruf mati’. Ini (poin nomor 2) disebut ‘I’lal’ (mengolah huruf ‘ilat), semisal contoh berikut ini:
نحو:جَاه لفظ مقلوب أصله وَجْه على وزن فَعْل فيكون وزن جَاه المقلوبة هو: عَفْل ، ومثاله في الإدغام نحو:لم يَمُدَّ أصله لم يَمْدُدْ

3.… معرفة أبنية الكلمة وما لحروفها من أصالة وزيادة وصحة وإعلال ونحو ذلك
3. Mengetahui bentuk-bentuk kata dan keadaan huruf-hurufnya, antara asal atau tambahan, antara sahih atau ‘ilat, dan lain-lainnya, seperti contoh berikut ini:
ومثاله: فَاهِم ومَضْرُوب فهما اسمان مزيدان: الأول أصله فَهْمٌ والزيادة فيه : حرف الألف .[3]
للكلمات العربية حالتان حالةُ إفرادٍ وحالة تركيب.
Kosa kata-kosa kata Arab mempunyai dua kondisi: kondisi terpisah dan kondisi tersusun.

فالبحثُ عنها، وهي مُفردةٌ، لتكون على وزن خاصٍّ وهيئة خاصة هو من موضوع "علم الصرف".
Membahas kosa kata dalam kondisi terpisah, agar berada atas ‘wazan’ dan ‘sifat’ tertentu, adalah pokok-pokok pembahasan ilmu Saraf.
والبحثُ عنها وهي مُركبةٌ، ليكونَ آخرُها على ما يَقتضيه مَنهجُ العرب في كلامهم - من رفعٍ، أو نصبٍ، أو جرّ، أو جزمٍ، أو بقاءٍ على حالةٍ واحدة، من تَغيُّر - هو من موضوع "علم الإعراب".
Sedangkan membahas kosa kata dalam kondisi tersusun, agar kesudahannya berada atas tuntutan metode bahasa Arab, yaitu rafa’, nashab, jarr dan jazam, atau agar tetap berada dalam kondisi yang sama, dari berubah, itu adalah pokok-pokok pembahasan ilmu I’rab.

فالصرف علمٌ بأصولٍ تُعرَف بها صِيغُ الكلمات العربية واحوالُها التي ليست بإعراب ولا بناء.فهو علمٌ يبحثُ عن الكَلِم من حيثُ ما يَعرِضُ له من تصريف وإعلال وإدغام وإبدال وبهِ نعرِف ما يجب أن تكون عليهِ بنيةُ الكلمة قبلَ انتظامها في الجملة.
Maka, “Saraf” adalah mengetahui aturan-aturan yang, dengan dia memungkinkan untuk diketahui bentuk-bentuk kata bahasa Arab dan kondisi-kondisinya yang bukan dari segi I’rab dan bina. Maka, “saraf” merupakan suatu ilmu yang membahas tentang kata-kata dari sudut kajian tentang ‘tasrif’ (perubahan bentuk), ‘I’lal’ (pengolahan huruf), idgham (memasukkan huruf) dan ‘ibdal’ (pergantian huruf). Dan, akhirnya kita mengerti apa saja yang mesti kita lakukan untuk membentuk suatu kata Arab sebelum kita susun dalam kalimat secara utuh.

وموضوعهُ الاسمُ المتمكن (أي المُعرَبُ) والفعلُ المُتصرِّف فلا يبحث عن الأسماء المبنيَّة ولا عن الأفعال الجامدة ولا عن الحروف
Pokok pembahasan ilmu Saraf ada pada ‘ismul mutamakkin’ (= mungkin menerima perubahan) dan ‘fi’lul mutasharrif’. Maka, tentu saja dia tidak membahas tentang ‘ismul mabniy’ (punya bentuk tetap), tidak juga ‘fi’lul jamid’ (punya bentuk tetap) dan seluruh huruf.

وقد كان قديماً جزءًا من علم النحو. وكان يُعرف النحوُ بأنه علم تُعرَفُ به أحوالُ الكلماتِ العربية مُفردةً و مُرَكبة.والصرف من أهمّ العلوم العربية. لأن عليه المُعوّلَ فى ضَبط صِيَغ الكَلِم، ومعرفةِ تصغيرها والنسبةِ إليها والعلمِ بالجموع القياسيّة والسماعية والشاّة ومعرفةِ ما يعتري الكلماتِ من إعلالٍ أو إدغامٍ أو إبدال، وغيرِ ذلك
Sesungguhnya ilmu Saraf sedianya bagian dari ilmu Nahu. Karena itu, Nahu didefinisikan dengan: “Suatu ilmu yang memungkinkan mengetahui kondisi kata-kata Bahasa Arab, baik secara terpisah ataupun dalam keadaan tersusun’. Ilmu Saraf adalah ilmu paling utama di antara seluruh ilmu Bahasa Arab, karena kepadanyalah pedoman seluruh kata-kata Arab, mengetahui bentuk ‘tashghir’ dan ‘nisbah’, disamping untuk mengenal bentuk-bentuk Qiasiy dan Sima’iy serta memahami kekurangan kata-kata dari segi I’lal, idgham, ibdal dan sebagainya.

والإعرابُ (وهو ما يُعرف اليوم بالنحو) علمٌ بأصولٍ تُعرف بها أحوالُ الكلمات العربية من حيث الإعرابُ والبناء. أي من حيث ما يَعرضُ لها في حال تركيبها. فبهِ نعرِف ما يجب عليه أن يكون آخرُ الكلمة من رفع، أو نصب، أو جرّ أو جزمٍ، أو لزومِ حالةٍ واحدةٍ، بَعد انتظامها في الجملة.
Sedangkan ilmu I’rab (hari ini dikenal dengan ilmu Nahwu) adalah pengetahuan aturan-aturan yang memungkinkan mengetahui kondisi kata-kata Arab dari sudut I’rab dan bina (kata yang punya ketetapan bentuk). Artinya, dari sisi ketika dia dalam keadaan tersusun dengan kata lainnya. Dalam ilmu Nahwu, kita bisa mengerti apa yang seharusnya baris akhir suatu kalimat; rafa’, nashab, jarr , jazam ataupun mesti sama dalam setiap saat setelah menjadi bagian sebuah kalimat.



PEMBAHASAN ILMU SARAF

1
الاشتقاق
وهو رد لفظ إلى آخر لمناسبة في المعنى والحروف الأصلية
(‘Isytiqaq’ adalah mengembalikan suatu kalimat kepada kalimat lain karena ada kesesuaian dalam segi makna dan huruf-huruf asli.)
2
الميزان الصرفي
يوزن أول الأصول بالفاء وثانيها بالعين وثالثها باللام وتكرر للفائق
( Mizan Sharfiy adalah dineracakan huruf asli pertama dengan ‘fa’, huruf kedua dengan ‘ain’ dan huruf ketiga dengan ‘lam’. Dan diulang kembali huruf-huruf yang lebih dari tiga)

3
حروف الزيادة
حروف الزيادة عشرة وقد جمعها الناس في أنواع من الكلام كقولهم ( سألتمونيها ) و ( اليوم تنساه ) و ( أمان وتسهيل ) و ( تسليم وهناء )
(Huruf ziadah ada sepuluh, dan manusia (ulama) mengumpulkannya dalam berbagai bentuk singkatan, seperti ‘sa-altumuniha’ atau ‘al-yauma tansahu’ atau ‘aman wa tashil’ dan ‘taslim wa hanak’).

4
الحذف القياسي والشاذ
الحذف قسمان مقيس وشاذ فالمقيس حذف ألف ما الاستفهامية المجرورة نحو ( عَمَّ يَتَسَآءَلُونَ ) النبأ 1 ( فِيمَ أَنتَ مِن ذِكرَاهَآ ) النازعات وشذ إبقاؤها في قوله على ما قام يَشتِمُني لَئِيمٌ
(Buang terbagi dua; maqis dan syazd. Maqis adalah membuang ‘alif’ ma istifhamiyyah yang dihukum baris di bawah, seperti ‘amma yatasa-alun’ (QS;An-Nabak:1), ‘fima anta min zdikraha’ (QS:An_nazi’at). Dan, ‘syazd’ adalah menetapkan ‘alif’nya pada FirmanNya: “ala ma qama yasymituni la-im’).


5
الإبدال
أحرفه ( طويت دائما )
فتبدل الهمزة من كل ياء أو واو متطرفة بعد ألف زائدة نحو رداء وكساء الأصل رداي من الردية وكساو من الكسوة وسواء كان تطرفها ظاهرا أم تقديرا وهي المتصلة بهاء التأنيث العارضة كصلاءة وعظاءة بخلاف اللازمة وهي التي بنيت الكلمة عليها فإنها لا تبدل منها همزة كهداية وحماية وإداوة وهراوة ولا إبدال بعد ألف أصلية نحو آية وتبدل الهمزة أيضا من كل ياء أو واو وقعت عينا لما يوازن فاعل وفاعلة من اسم الفاعل إلى فعل معتل العين نحو بائع وقائم وأصلهما بايع وقاوم وفعلهما باع وقام معل بخلاف ما لم يعل فعله كصيد وعور فهو صايد وعاور فلا إبدال فيه وبخلاف ما لم يوازن فاعلا وإن أعل فعله كمنيل ومطيل من أطال وأنال وتبدل الهمزة أيضا من أول واوين صدرتا وليست الثانية مدة فوعل ولا مبدلة من همزة كأواصل جمع واصلة أصله وواصل استثقل اجتماع الواوين فأبدل من أولاهما همزة إذ لم يمكن إبدالها ياء للاستثقال كالواو ولا ألفا لسكونها
(Al-Ibdal, huruf-hurufnya ‘thawaitu da-iman’ (tha-waw-ya-ta-dal-alif-hamzah-mim). Maka, ‘hamzah’ menggantikan setiap ‘ya’ dan ‘waw’ yang berposisi sesudah ‘alif yang lebih’, seperti ‘ridak’ dan ‘kasak’. Asalnya ‘ridaya’ dari ‘radiyyah’ dan ‘kasawa’ dari ‘kiwah’. Dan, hukumnya tetap sama, apakah posisinya secara dlahir atau takdir. Dan ‘waw’ dan ‘ya’ itu tersambung dengan ‘ha taknits’ yang ada kemudian, seperti ‘shala-ah’, ‘adla-ah’. Sebaliknya, ‘ha taknits’ yang lazim, yaitu ha yang terbangun huruf kalimat atasnya, maka ‘hamzah’ tidak menggantikannya, seperti ‘hidayah’, ‘himayah’,’idawah’ dan ‘harawah’. Dan tidak menggantikan pula sesudah ‘alif’ asal kalimat, seperti ‘ayah’. ‘Hamzah’ menggantikan pula setiap ‘ya’ dan ‘alif’yang berposisi pada ‘ain fail atau fa’ilah’ dari ismul fa’il hingga fi’il mu’tall, seperti ‘ba-iun’ dan ‘qa-imun’. Dasar keduanya, ‘bayi-un’ dan ‘qawimun’, sedangkan fi’ilnya juga ‘ba’a’ dan ‘qama’. Kebalikannya, kalau fi’ilnya bukan mu’tall, seperti ‘shayada’ dan ‘awara’, maka tidak ada pergantian padanya. Dan kebalikannya juga, kalau bukan atas ‘wazan’ fa’il, sekalipun fi’ilnya di’illatkan juga, seperti ‘munil’ dan ‘muthil’ dari ‘athala’ dan ‘anala’. ‘Hamzah’ juga menggantikan ‘waw’ pertama di antara dua waw yang berposisi pada awal kalimat, huruf keduanya bukan maddah ‘fau’ala’ dan bukan ganti dari ‘hamzah’, seperti ‘awashil’ jamak dari ‘wahsilah’. Asalnya, ‘wawashil’. Karena sukar membaca berkumpul dua ‘waw’ maka digantikan huruf waw keduanya menjadi ‘hamzah’, karena tidak mungkin ditukar menjadi ‘ya’, karena sukar membaca juga seperti ‘waw’, dan tidak mungkin ditukar jadi ‘alif’, karena berbaris sukunnya).
6
النقل
تنقل حركة العين للساكن الصحيح قبلها إن كانت من فعل أو اسم بالشروط المذكورة نحو يبيع ويقول الأصل يبيع ويقول ونحو مقام ومقال الأصل مقوم ومقول وشرط الفعل ألا يكون لتعجب بخلاف نحو ما أبين هذا وما أطوله ولا  مصرفا من نحو عور بخلاف نحو يصيد ويعود وأصيد وأعور وأعوره الله ولا مضاعف اللام بخلاف نحو ابيض واسود حذرا من الإلباس ولا معل اللام بخلاف نحو أهوى واستحيا حذرا من توالي إعلالين وشرط الاسم ألا يكون غير جار على فعل مصحح بخلاف نحو مقاول مبايع
(Naqal adalah memindahkan harakah ‘ain’ bagi huruf sahih yang mati sebelumnya apabila hal tersebut ada pada fi’il atau isim dengan syarat-syarat yang telah disebutkan, seperti ‘yabi’u’dan ‘yaqulu’, asalnya: ‘yab-i’u’ dan ‘yaqwulu’. Dan seperti ‘maqam’ dan ‘maqal’, asalnya: ‘maqwam’ dan ‘maqwal. Pesyaratan fi’il adalah dia bukan ‘ta’ajjub’. Maka, tidak seperti ‘ma abyana hazda’ (alangkah jelasnya ini), ‘ma athwalahu’ (alangkah panjangnya ini). Dan fi’il bukan yang berbentuk tetap seperti ‘awira’. Kebalikannya, seperti ‘yashidu’ dan ‘ya’udu’ dan ‘ashidu’ dan ‘a’uru’ dan ‘a’warahullah’. Dan fi’il tidak boleh berganda lam. Kebalikannya, seperti ‘ibyadhdha’ dan ‘iswadda’, karena dikhawatirkan akan terjadi persamaan. Dan, tidak boleh juga yang mu’tall lam. Kebalikannya, seperti ‘ahwa’ dan ‘istahya’, karena ditakutkan akan terjadi dua perubahan. Sedangkan isim, dipersyaratkan bahwa tidak berlaku sama dengan fi’il shahih. Kebalikannya, seperti ‘maqawil’ dan ‘mabayi’’).

7
الإدغام
قال أبو حيان الإدغام هو آخر ما يتكلم فيه من علم التصريف وهو في اللغة الإدخال وفي الاصطلاح رفعك اللسان بالحرفين دفعة واحدة ووضعك إياه بهما وضعا واحدا ولا يكون إلا في المثلين والمتقاربين وهذا التقسيم إنما هو بالنظر إلى الأصل وإلا فلا إدغام إلا إدغام مثل في مثله ألا ترى أن المتقارب يقلب من جنس الحرف الأخير فيؤول إلى أنه إدغام مثلٍ في مِثْل والإدغام يكون في الأسماء والأفعال أوجب لكثرة اعتلالها وذلك لثقلها ولذلك يدغم في الأفعال ما لا يدغم في الأسماء ألا ترى إدغامتهم رد وفكهم شرر وبدأ بإدغام المثلين كما هو عادة المصنفين في التعريف وهو واجب بشروط أن يسكن الأول نحو ( اضرب بكرا ) ولم يكن هاء ساكت بخلاف نحو ( مَالِيَه هَّلَكَ ) الحاقة 28 - 29 فإنها إذا وصلت ينوى الوقف عليها والابتداء بما بعدها فيتعين الفك
(Abu Hayyan berkata: idgham adalah akhir dari pembahsan dalam ilmu Tashrif. Secara bahasa dia bermakna ‘memasukkan’. Secara istilah, mengangkat lidahmu mengucap dua huruf sekaligus, dan kamu letakkan keduanya pada tempat yang sama. Idgham tidak ada selain pada ‘dua yang semisal’ dan ‘dua yang berdekatan’. Ini hanyalah melihat kepada asalnya saja. Apabila bukan karena itu, maka tidak idgham kecuali pada ‘semisal dalam yang semisal’. Adakah kamu lihat, bahwa huruf-huruf yang berdekatan ditukarkan huruf akhirnya, maka beralihlah dia kepada ‘idgham semisal dalam semisal’. Idgham ada pada isim dan pada fi’il lebih mewajibkan karena mengingat banyak perubahannya, dan itu karena sukarnya. Dan karena itulah diidghamkan pada fi’il yang tidak diidghamkan pada isim. Kamu lihatlah, bagaimana mereka mengidghamkan ‘radda’ dan melepaskan ‘syararun’. Kamudian diawali dengan idgham dua yang semisal, sebagaimana kebiasaan banyak pengarang dalam ilmu Tashrif. Idgham ada yang wajib dengan syarat, bahwa huruf pertama sukun, seperti ‘idhrib bakran’. Dan, bukan ‘ha’ yang sakit (diam). Kebalikannya, seperti ‘maliah halaka’ (QS:Al-Haqqah:28-29). Sesungguhnya, apabila disambungkan maka diniatkan wakaf atasnya dan dimulai dengan huruf sesudahnya. Saat itu, mestilah dilepaskan.)

BEBERAPA KAIDAH ILMU ‘ARABIYYAH
القاعدة الأولى حذف حرف العلة
من المعلوم أنّ حذف حرف العلة من علامات الجزم . ولكنّ الأمر قد يشكل في الأفعال التي يكون فيها حرف العلة قبل الآخر . فإنّ هذا الحرف يحذف إذا كان الفعل مجزوماً ، لا لأنه علامة جزم ولكنْ لأنّ بقاءه ينشأ عنه التقاء ساكنين ، والتقاء الساكنين لا يجوز في العربية لا بشروط. مثال ما حُذف منه حرف العلة وليس بعلامة جزم : يفوز ، يفيد ، يكون .
(seperti yang sudah dimaklumi, bahwa membuang huruf ‘illat salah satu dari tanda jazm. Tetapi persoalannya menjadi agak rumit kalau huruf ‘illatnya ada pada sebelum huruf akhir sebuah fi’il. Maka, dia dibuangkan ketika fi’il dibaris-sukunkan, bukan sebagai tanda jazm. Dan, seandainya tidak dibuang, maka berkumpul dua huruf mati. Berkumpul dua huruf mati dalam Bahasa Arab tidak dibolehkan, tidak dengan segala syaratnya.)

القاعدة الثانية: التعذر ، والثقل
يمر عند الإعراب مصطلحا التعذر والثقل . فما المقصود بهما؟ ومتى يكون خفاء الحركة بسبب التعذر؟ومتى يكون خفاؤها بسبب الثقل ؟ .المقصود بالتعذر أن لا يستطيع المتكلم نطق الحركة . والمقصود بالثقل أن يستطيع النطق بالحركة ولكن بثقل على اللسان .التعذر : يكون منع الظهور بسبب التعذر عند ما يختم الاسم ، أو لفعل بألف. مثل : موسى ، مستشفى ، مُنتقى . هذا في الأسماء .أما في الأفعال فمثل : ينهى . يسعى . يرعى . فهذه تكون حركتها مقدرة للتعذر في جميع حالاتها الإعرابية . ( الرفع ، والنصب للأسماء ، والأفعال ، وأما الجر فهو خاص بالأسماء
Dalam kalangan orang Arab berlaku terminology ‘ta’azzur’ dan ‘tsaql’, apa pengertian keduanya? Kapan sebenarnya disembunyikan harkat gara-gara ‘ta’azzur’? Dan, kapan disembunyikan karena ‘tsaql’? Maksud ‘ta’azzur’ adalah ketidakmampuan seseorang mengucapkan sebuah harkat. Sedangkan ‘tsaql’ adalah mampu mengucap harkat, tetapi terasa berat atas lidah. ‘Ta’azzur’ adalah terlarang lahirnya sebuah harkat disebabkan suatu kendala yang disudahinya suatu isim atau fi’il dengan ‘alif’, semisal ‘musa’, ‘mustayfa’ dan ‘muntaqa’. Semua ini contoh isim. Adapun contoh fi’il, seperti ‘yanha’, yas’a’ dan ‘yar’a’. semua harkat I’rab kalimat ini ditakdirkan dalam seluruh kondisi, rafa’ dan nasab untuk isim dan fi’il. Sedangkan jarr khusus hanya ada pada isim)

القاعدة الثالثة : اسم الجنس ، واسم الجمع
اسم الجنس هو الذي يفرّق بين جمعه ومفرده بالتاء . مثل : شجر ، ثمر ... مفردها : شجرة ، ثمرة .اسم الجمع هو الذي ليس له مفرد من لفظه . مثل : إبل ، نساء
(Isim jenis adalah isim yang dibedakan bentuk jamak dan tunggalnya dengan huruf ‘ta’, semisal  ‘syajar’ dan ‘tsamar’, bentuk tunggalnya ‘syajarah’ dan ‘tsamarah’. Sementara isim jamak adalah isim yang tidak ada lafadl tunggalnya, semisal ‘ibil’ dan ‘nisak’.)
القاعدة الرابعة : التقاء الساكنين
الأصل في الساكنين أن لا يلتقيا . ولكنّ هذا يجوز في الحالات الآتية :«ويغتفر التقاء الساكنين في ثلاثة مواضع :الأول : إذا كان أول الساكنين حرف لين ، وثانيهما مدغماً في مثله ، وهما في كلمة واحدة ، نحو: "ولا الضْالِّين " ومادة ، ودابة .الثاني : ما قصد سرده من أسماء الحروف ، نحو جِيْمْ . ميْمْ .الثالث : ما وُقف عليه من الكلمات . مثل زيْدْ . ثوْبْ
(Secara undang-undang, dua huruf mati tidak boleh berkumpul. Tetapi hal ini kemudian dibolehkan dalam kondisi-kondisi berikut. Dimaafkan (boleh) berkumpul dua huruf mati pada tiga tempat. Pertama, bila huruf awal yang mati merupakan huruf ‘lain’, yang keduanya telah diidghamkan dalam huruf yang sejenis. Dan, kedua-duanya berada dalam satu kosa-kata, seperti ‘wa ladhallallin’, ‘maddah’ dan ‘dabbah’. Kedua, bertujuan menyebut  nama-nama huruf, seperti ‘jim’ dan ‘mim’. Ketiga, huruf yang mati karena diwakafnya kata-kata, semisal ‘zaid’ dan ‘tsaub’.) 

القاعدة الخامسة: مجيء الحال من نكرة
الأصل بصاحب الحال أن يكون معرفة مثل : قال تعالى : "ما كان للمشركين أن يعمروا مساجد الله شاهدين على أنفسهم بالكفر " .أرسل الله محمداً بشيراً ونذيرا . فالحال الأولى حال من الواو في (يعمروا) والثانية من محمد .وجاز مجيئها من نكرة في حالات
(Aturan dasar untuk ‘Shahibul Hal’ adalah isim makrifah, seperti firmanNya berikut: Tidaklah orang-orang musyrikin akan memakmurkan mesjid-mesjid Allah swt untuk mempersaksikan kekafiran diri mereka”. “Allah mengutus Muhammad sebagai pembawa berita gembira dan ancaman”. Maka, ‘Hal’ yang pertama pada ‘waw’ yu’ammaru, yang kedua pada Muhammad. Dibolehkan datangnya ‘Hal’ dari isim ‘nakirah’ pada beberapa kondisi:)

1-  أن تتقدم الحال على صاحبها مثل : منطلقاً إلى أرض الجهاد
 سار جيش
(Pertama, Hal mendahului ‘Shahib’nya, semisal ‘berangkat ke bumi jihad tentara terus berjalan’)
2-  أن تخصص الحال بوصف أو إضافة . فالوصف مثل :
استشهد جندي شجاع مقبلاً على المعركة . وما خُصص
بإضافة مثل : هذا إمام مسجد قائماً بحق الله .
(Kedua, dikhususkan Hal dengan suatu sifat atau idhafah. Contah sifat ‘mencari syahid para tentara pemberani dalam keadaan menghadap kancah peperangan’. Contoh pengkhususan dengan idhafah, seperti ‘Ini Imam mesjid yang menegakkan seluruh hak Allah’.)

3-  أن تقع النكرة بعد نفي أو ما يشبه النفي . مثال النفي :
 ما جاءني ضيف طارقاً بليل . وشبه النفي مثل :
 هل زارك شاعر منشداً قصائده.
(Ketiga, isim nakirah menempati posisi sesudah nafi atau semisalnya. Contoh nafi, seperti ‘Tidaklah aku kedatangan tamu yang berjalan saat malam’. Contoh semisal nafi, ‘Apakah kamu mendapat kunjungan penyair yang melantunkan kasidah-kasidahnya”?)

القاعدة السادسة
الاسم المنصوب الواقع بعد اسم التفضيل يعرب تمييزاً :مثل : هذا أجمل المقرئين صوتاً . قال تعالى : " أنا أكثر منك مالاً وأعز نفراً"
(Isim manshub yang bertempat sesudah isim Tafdhil dijadikan i’rabnya sebagai ‘tamyiz’, semisal ‘Si-ini paling bagus suara bacaannya’. Allah berfirman: ‘aku paling banyak harta dari kamu dan paling mulia secara kelompok’.) 
القاعدة السابعة
ما بعد ظرف المكان يعرب مضافاً إليه دائماً ، وكذلك الضمير المتصل باسم . مثال الأول : طاف الحاج حول الكعبة . ومثال الثاني : ديننا خير الأديان .
(Setiap kata yang sesudah dlaraf makan selamanya dii’rab jadi mudhaf ilaih. Demukian juga dhamir yang tersambung dengan isim. Misal pertama, ‘orang haji mengelilingi Ka’bah’. Misal kedua, ‘Agama kami sebaik-baik agama’.)

القاعدة الثامنة
 في محل رفع ، أو نصب ، أو جر ، أو جزم .
ما الفرق بين هذا وبين قولنا مرفوع أو منصوب أو مجرور ، أو مجزوم ؟ إذا قيل في محل فالمقصود إن الأعراب وقع على جملة ، أو شبه جملة ( ظرف أو جار ومجرور) والعلامة الإعرابية في مثل هذه الحالة لا تظهر .مثال : هذا بلبل يشدو . نظرت إلى بلبل يشدو . سمعت بلبلاً يشدو .فجملة يشدو في محل رفع ، وجر ، ونصب . على الترتيب حسب إعراب ما قبلها .ومما وقع في محل جزم ( من أدى الصلاة خاشعاً فقد فاز ) فاز وأدى في محل جزم .ومنه قوله تعالى: { من جاء بالحسنة فله عشر أمثالها } « جاء » في محل جزم فعل الشرط .« فله عشر » في محل جزم جواب الشرط .ولأنّ الأفعال : أدى ، فاز ، جاء أفعال ماضية الأصل فيها البناء .أما إذا قيل مرفوع ... إلخ . فإن المقصود إيقاع الإعراب على اللفظة . والعلامة الإعرابية تظهر إن كانت اللفظة مما يمكن ظهور الحركة عليها ، أو تقدر كما هو مفصل .الأمثلة : حضر ضيفٌ . أكرمت ضيفاً . سلّمت على ضيفٍ
(Mahall rafa’, nashab, jarr dan jazm. Apa perbedaan ini dengan istilah marfu’, manshub, majrur dan majzum? Apabila dikatakan ‘pada mahall’, itu dimaksudkan bahwa i’rab terjadi atas jumlah (sebuah kalimat) atau seumpama kalimat (dharaf dan jarr-majrur). Tanda i’rab dalam kondisi seperti ini tidak nampak. Misal,’burung Bulbul ini bernyanyi’,‘Aku lihat burung bulbul bernyanyi’ dan ‘aku dengar bulbul bernyanyi’. Kalimat ‘yasydu’ secara berurut menempati mahall rafa’, jarr dan nashab menurut i’rab di belakangnya. Di antara yang menempati mahall jazm adalah ‘orang-orang yang menunaikan shalat secara khusyu’ sungguh telah mendapat keberuntungan’. ‘faza’ dan ‘adda’ bertempat jazm. Di antaranya lagi, firman berikut: ‘orang-orang yang mengerjakan kebaikan maka baginya sepuluh balasan’. ‘ja-a’ pada mahall jazm sebagai fi’il syarat. ‘falahu ‘usyr’ pada mahall jazm sebagai jawab syarat. Dan, karena semua fi’il ‘adda’, ‘faza’ dan ‘ja-a’ adalah fi’il madhi yang secara asal hukumnya dibina. Adapun bila dikatakan ‘marfu’...sampai habis..., maka berarti bertujuan menjatuhkan i’rab pada kosa-katanya. Dan, tanda i’rabnyapun nampak bila lafadlnya memungkin nampak harkat, atau ditakdirkan (disembunyikan), sebagaimana telah dijelaskan. Misal-misalnya, ‘hadir tamu’,’aku muliakan tamu’,’aku beri salam atas tamu’.)  
القاعدة التاسعة
 قد يمر عليك في الإعراب أن تقرأ مفعولاً به ومفعولاً فيه فالفرق بينهما أن لفظة مفعول به تذكر عند ما تكون اللفظة وقع عليها الحدث ، ومفعول فيه ترد عند ما يذكر ما وقع الحدث فيه . .مثل : صمت يوم عرفة ، « يوم » مفعول فيه .ومفعول به : مثل أرسل القائد جندَه إلى المعركة . فلفظة « جنده » مفعول به
(sesungguhnya telah berlalu pada ‘i’rab’, bahwa kamu telah membaca ‘maful bih’ dan ‘maful fih’, bagaimana perbedaan antara keduanya? Maful bih adalah ketika suatu lafadl disebutkan dimana suatu ‘kejadian’ menimpa atasnya. Sedangkan maful fih datang ketika menyebut suatu ‘kejadian’ berlangsung di dalamnya. Misalnya, ‘aku berpuasa dalam hari ‘Arafah’. ‘Yauma’ merupakan maful fih. Maful bih dicontohkan dengan ‘komandan mengirimkan tentaranya ke kancah perang’. Kata ‘jundahu’ maful bih.)

القاعد ة العاشرة
لا ينصب بالكسرة إلا جمع المؤنث السالم . قال تعالى : إنّ الحسناتِ يذهبن السيئاتِ
(Tidak ada yang dinashabkan dengan kasrah kecuali jamak mu-annats salim. Firman Allah swt: ‘sesungguhnya kebaikan menghapuskan keburukan’)

القاعدة الحادية عشرة
لا يقال عند الإعراب مرفوع منصوب مجرور فقط بل لا بد لإكمال الإعراب من ذ كر العلامة ؛ لأنّ علامات الإعراب تختلف باختلاف المُعرَب
(Tidak boleh menyebut ketika i’rab hanya marfu’, manshub dan majrur saja, tetapi mestilah untuk kesempurnaannya menyebut tandanya. Karena tandanya berbeda-beda dengan berbeda kosa-kata yang dii’rabkan.)

القاعدة الثانية عشرة
معاني الكلام عشرة  هي : الخبر , والاستخبار, والأمر , والنهي , والنداء , والقسم , والطلب , والعرض , والتمني , التعجب
(Makna yang terkandung dalam kalam berjumlah sepuluh. Yaitu: khabar, istikhbar, amar, larangan, nidak, qasam, anjuran, sidiran, tamanny dan kagum.)

KITAB-KITAB RUJUKAN

-1الكتاب : همع الهوامع فى شرح جمع الجوامع ـللإمام السيوطى
-2الكتاب : نزهة الطرف شرح بناء الأفعال في علم الصرف
-3الكتاب : نزع الخافض في الدرس النحوي حسين بن علوي بن سالم الحبشي
-4 موصل الطلاب إلى قواعد الإعراب - خالد بن عبدالله الأزهري
-5الكتاب : مفاتيح العربية على متن الآجرومية المؤلف : فيصل بن عبد العزيز آل مبارك
-6الكتاب : مغني اللبيب عن كتب الأعاريب المؤلف : ابن هشام
-7الكتاب : معجم القواعد العربية المؤلف : الشيخ عبد الغني الدقر
-8الكتاب : قواعد في اللغة والإعراب تأليف: عمر بن عبدالله العمري
-9الكتاب : حاشية الخضري على ابن عقيل
-10الكتاب : أزمة الللغة العربية






**********


[1] الكتاب : نشأة النحو وتاريخ أشهر النحاة للشيخ الطنطاوي
[2] الكتاب : المعجم الوسيط
[3] الكتاب : نزهة الطرف شرح بناء الأفعال في علم الصرف

Tidak ada komentar:

Posting Komentar