PARA TAMU YANG MULIA, SELAMAT BERKUNJUNG اهلا و سهلا مرحبا بكم جميعا

DISINI, KITA (MUSLIMIN SEJATI) BERBAGI INFORMASI ISLAMI UNTUK KEJAYAAN ISLAM SEJATI



DI TEPI PANTAI ATLANTIK

Rabu, 08 Februari 2012

MEMBONGKAR KEBOHONGAN SEORANG WAHABI


 bagian ke-12
MAULID DALAM KITAB I’ANATUTHTHALIBIN
( فائدة ) في فتاوى الحافظ السيوطي في باب الوليمة ( سئل ) عن عمل المولد النبوي في شهر ربيع الأول ما حكمه من حيث الشرع وهل هو محمود أو مذموم وهل يثاب فاعله أو لا
 (Faedah) Dalam kitab Fatawa Al-Hafidl Sayuthi pada Bab Walimah tertulis: beliau ditanyakan tentang aktivitas Maulid Nabi saw pada bulan Rabi’ul Awal, bagaimana hukumnya secara syar’i, apakah terpuji atau tercela? Apakah diberi pahala orang-orang yang mengerjakannya atau tidak?
(Sayuthi—849-911 H, 1445-1505 M—seorang penganut Mazhab Syafi’i tulen digelar dengan Al-Hafidl, yaitu seorang Ahli Hadits dengan hafalan 100.000 hadits plus sanad-sanadnya sampai ke Rasulullah saw. Beliau dilahirkan di Kota Asyuth, suatu kota di daratan tinggi Mesir. Memiliki karangan dalam pelbagai macam disiplin ilmu, hingga mencapai 600 judul karya. Melakukan perjalanan ilmiah dari Mesir ke Syam, Hijaz, Maghribi (Morokko), Yaman sampai ke India).
 قال ( والجواب ) عندي أن أصل عمل المولد الذي هو اجتماع الناس وقراءة ما تيسر من القرآن ورواية الأخبار الواردة في مبدأ أمر النبي صلى الله عليه وسلم وما وقع في مولده من الآيات ثم يمد لهم سماط يأكلونه وينصرفون من غير زيادة على ذلك من البدع الحسنة التي عليها صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه وسلم وإظهار الفرح والاستبشار بمولده الشريف اه
Syaikh menjawab: jawaban menurutku, bahwa dasar pelaksanaan Maulid yang merupakan berkumpul manusia, membaca apa yang mudah dari Al-Quran, mengisahkan cerita-cerita permulaan kejadian Nabi saw dan peristiwa-peristiwa seputar kelahiran beliau, setelah itu makan bersama-sama dari hidangan yang dihidangkan lalu pulang, tidak lebih dari semua itu, adalah bid’ah hasanah yang pelaku-pelakunyapun mendapat kebaikan juga, karena perbuatan tersebut mengandung penghormatan atas kemuliaan Nabi saw, menampakkan rasa gembira dan senang dengan kelahiran sang Nabi mulia saw. Habis.
(Dalam kapasitas beliau sebagai seorang ilmuan Syafi’iyyah, Sayuthi berfatwa: Maulid bid’ah Hasanah, yaitu sunat! Orang-orang di luar mazhab beliau boleh tidak setuju, tetapi beliau tidak pernah meralat fatwanya. Koar-koar tidak berarti).
 وقد بسط الكلام على ذلك شيخ الإسلام ببلد الله الحرام مولانا وأستاذنا العارف بربه المنان سيدنا أحمد بن زيني دحلان في سيرته النبوية ولا بأس بإيراده هنا فأقول قال رضي الله عنه ومتعنا والمسلمين بحياته ( فائدة ) جرت العادة أن الناس إذا سمعوا ذكر وضعه صلى الله عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى الله عليه وسلم وهذا القيام مستحسن لما فيه من تعظيم النبي صلى الله عليه وسلم وقد فعل ذلك كثير من علماء الأمة الذين يقتدى بهم
Sesungguhnya Syaikh Islam di Negeri Allah yang Dihormati Maulana dan Ustzd Al-‘Arif bi rabbih Al-Mannan Ahmad bin Zaini Dahlan dalam kitab ‘Sirah Nabawiyyah’ telah mengurai panjang lebar tentang Maulid, dan tidak apa-apa aku nukilkan ke sini. Berkata syaikh ra, semoga Allah swt memberi kesenangan kepada kita dan seluruh kaum Muslimin dengan kehidupannya, (Faedah): Telah menjadi tradisi, bahwa manusia berdiri jika mendengar kisah kelahiran Nabi saw untuk memuliakan beliau. Hal ini dianggap sebagai suatu kebajikan, karena di dalamnya sarat dengan penghormatan kepada Nabi saw, yang oleh mayoritas ulama ikutan umat juga melakukannya.
(Seorang lagi penerus mazhab Imam Syafi’i, Ahmad bin Zaini Dahlan—wafat tahun 1304 H—meletakkan hukum Maulid sebagai istihasan (sesuatu yang bagus). Beliau menyaksikan langsung kekejaman dan kesesatan kaum Wahhabiyyah saat beliau menjabat Imam dan Mufti Syafi’i di Mekkah Al-Mukarramah, sehingga lahirlah karya beliau berjudul ‘fitnatul Wahhabiyyah’ (kesesatan dan keburukan Wahhabiyyah)
قال الحلبي في السيرة فقد حكى بعضهم أن الإمام السبكي اجتمع عنده كثير من علماء عصره فأنشد منشده قول الصرصري في مدحه صلى الله عليه وسلم قليل لمدح المصطفى الخط بالذهب على ورق من خط أحسن من كتب وأن تنهض الأشراف عند سماعه قياما صفوفا أو جثيا على الركب فعند ذلك قام الإمام السبكي وجميع من بالمجلس فحصل أنس كبير في ذلك المجلس وعمل المولد واجتماع الناس له كذلك مستحسن
Al-Halaby berkata dalam kitab ‘Sirah’: sementara ulama menceritakan, bahwa di kediaman Imam Subky berkumpul ulama-ulama masanya, lalu mengalunkan syair-syair pujian kepada Nabi saw gubahan Ash-Sharshary: untuk menyanjung keagungan Mustafa sangat sedikit tinta emas atas lembaran orang-orang yang mengukir keindahan orang yang telah tertulis, tokoh-tokoh mulia bangkit berdiri berbaris atau berlutut ketika mendengar pujian-pujian Nabi saw. Seketika itu juga bangun Imam Subky dan semua orang dalam majelis, sehingga menjelma sekelompk besar manusia. Aktivitas Maulid dan berkumpul manusia seperti tersebut di atas dianggap sebagai perkara bagus.
(Lihatlah, wahai, penceramah Radio, Imam Subky ikut merayakan Maulid di kediamannya sendiri dan dihadiri ulama-ulama masanya. Bukankah ini Ijma’ Sukuty? Dimana apa yang dilakukan beliau tidak pernah ditentang oleh ulama-ulama yang lain pada masanya. Subky—683-756 H, 1284-1355—dilahirkan di kota Subk. Memiliki karya yang berlimpah dalam segala disiplin ilmu. Sekali lagi, kelakuan beliau mengenai Maulid, sekalipun katakanlah bukan Ijma’, tetapi boleh diikuti dalam kapasitas beliau sebagai ulama besar dalam ranah mazhab Syafi’i).
قال الإمام أبو شامة شيخ النووي ومن أحسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم من الصدقات والمعروف وإظهار الزينة والسرور فإن ذلك مع ما فيه من الإحسان للفقراء مشعر بمحبة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه في قلب فاعل ذلك وشكر الله تعالى على ما من به من إيجاد رسول الله صلى الله عليه وسلم الذي أرسله رحمة للعالمين
 Imam Abu Syamah, salah seorang guru Nawawi berkata: diantara bid’ah yang paling bagus di masa kita sekarang ini adalah apa yang dilakukan setiap tahun pada bertepatan hari kelahiran Nabi saw, yaitu bersedekah, berbuat kebaikan dan memperlihatkan pakaian-pakaian indah dan rasa senang. Semua kegiatan ini, disamping berbuat kebajikan untuk fakir-miskin, juga yang paling utama melahirkan kecintaan dan penghormatan dalam hati orang yang melakukannya kepada Nabi saw serta bersyukur kepada Allah swt atas diwujudkannya beliau untuk dipersembahkan kepada seluruh alam.
(Imam Abu Syamah599-665 H, 1202-1267 M—seorang lagi ulama Syafi’iyyah yang menganggap Maulid suatu perkara bagus yang lahir dari kedalaman ilmunya. Sah-sah saja Sekte Wahhabiyyah  membid’ahkan dan mengkurafatkan perayaan Maulid, tapi simpanlah untuk mereka sendiri, jangan paksakan pemahaman kelirunya kepada non-Wahhabiyyah. Ibarat Hanafiyyah yang tidak menganggap kunut subuh sebagai bagian dari shalat, dengan penuh akhlak dan menghargai tidak pernah membid’ahkan kunut subuh dalam mazhab Syafi’i. apa urusannya? Betapa indah beragama seperti itu. Kita semua, minus Wahhabiyyah, merindukan hal tersebut untuk kedamaian dan persatuan kaum Muslimin)
قال السخاوي إن عمل المولد حدث بعد القرون الثلاثة ثم لا زال أهل الإسلام من سائر الأقطار والمدن الكبار يعملون المولد ويتصدقون في لياليه بأنواع الصدقات ويعتنون بقراءة مولده الكريم ويظهر عليهم من بركاته كل فضل عميم 
As-Sakhawy berpendapat: sesungguhnya tradisi Maulid terjadi sesudah abad ketiga. Setelah itu, secara kontinyu seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia dan kota-kota besar merayakan Maulid, menderma pada malamnya dengan aneka bentuk derma, menaruh perhatian besar kepada pembacaan kisah kelahiran Nabi saw yang mulia. Dan, nampaklah berbagai-bagai kelebihan dengan berkat kegiatan Maulid.
(Abdurrahman Sakhawy lahir di Shakha, Mesir, salah seorang murid utama Ibnu Hajar Al-‘Asqalany, mengatakan, bahwa Maulid muncul pertama kali sesudah abad ketiga hijriyyah dan umat Islam seluruh dunia terus-menerus memperingatinya setiap tahun. Beliau tidak mencela apalagi mengharamkannya seperti sekte Wahhabiyyah. Memang hanya mereka saja yang bersikap seperti itu, penuh kebencian kepada selain mereka.)
وقال ابن الجوزي من خواصه أنه أمان في ذلك العام وبشرى عاجلة بنيل البغية والمرام وأول من أحدثه من الملوك الملك المظفر أبو سعيد صاحب أربل وألف له الحافظ ابن دحية تأليفا سماه التنوير في مولد البشير النذير فأجازه الملك المظفر بألف دينار وصنع الملك المظفر المولد وكان يعمله في ربيع الأول ويحتفل به احتفالا هائلا وكان شهما شجاعا بطلا عاقلا عالما عادلا وطالت مدته في ملك إلى أن مات وهو محاصر الفرنج بمدينة عكا سنة ثلاثين وستمائة محمود السيرة والسريرة
Ibnu Al-Jauzy mengatakan: diantara khasiat Maulid adalah aman dari segala macam bala dan musibah pada tahun itu, merasa senang di akhirat dengan meraih apa yang inginkannya. Orang pertama yang merintis Maulid dari kalangan raja-raja adalah Raja al-Mudlaffar Abu Sa’id, penguasa Kota Arbil[1]. Al-Hafidl Ibnu Dihyah mengarang untuk sang Raja satu kitab yang diberi nama At-Tanwir fi Maulidil Basyirin Nadzir. Raja Mudlaffar membalas jasa beliau dengan seribu dinar emas. Raja menyelenggarakan Maulid biasanya jatuh pada bulan Rabi’ul Awal dengan perayaan yang besar sekali. Beliau seorang raja cendikia yang pemberani dan seorang pahlawan, berpikir cerdas yang alim serta memimpin penuh keadilan, sehingga masa kepemimpinannya sampai beliau wafat. Beliaulah yang mengepung Negeri Perancis di kota ‘Uka tahun 630 H. Beliau seorang yang terpuji sejarah hidup dan singgasananya.
(Satu lagi ulama yang merayakan Maulid, sampai-sampai mengarang satu kitab dipersembahkan untuk Raja Mudlaffar dengan tema ‘At-Tanwir fi Maulidil Basyirin Nadzir, khusus berbicara tentang Maulid. Beliau bernama lengkap Ibnu Dihyah Al-Kaliby—544-633 H, 1150-123 M—lahir di Andalusia, Spanyol kemudian Hijrah ke Mesir. Lagi pula, perayaan Maulidnya dimotori oleh seorang Raja yang baik riwayat hidup dan riwayat kerajaannya. Ulama dan Umara yang baik bergabung dalam acara ini, apalagi yang kurang untuk diikuti?
Disebut Raja Mudlaffar, Sekte Wahhabiyyah merasa punya celah angin untuk masuk membantai Maulid. Kata sekte itu, Raja Mudlaffar salah seorang raja dari Kerajaan Mamalik Fathimiyyah. Sesuai dengan namanya Mamalik berarti para budak yang memberontak dan kemudian menguasai Jazirah ‘Arabiyyah selama berabad-abad dan Fathimiyyah berarti menisbat diri mereka kepada Fathimah, putri Nabi saw. Mereka bukan hanya merayakan Maulid Nabi saw, tapi juga Maulid ‘Ali, Maulid Fathimah, Maulid Hasan-Husen dan lain-lainnya. Ini menandakan, dan memang benar, mereka adalah beraliran Syi’ah. Dari premis mayor (muqaddimah kubra) dan premis minor (muqaddimah sughra) yang mereka susun di atas menghasilkan natijah (kesimpulan), perayaan Maulid haram dan bid’ah, karena diprakarsai dan dirintis oleh seorang raja yang haram dan bid’ah. Haram, karena budak tidak berhak menjabat imamah (kepemimpinan). Bid’ah, karena Syi’ah sebuah isme yang sesat menyesatkan.
Demikian kerangka logika Wahhabiyyah berpikir. Saat aliran pikiran mereka mengalir seperti itu, mereka sanggup melupakan dua hal. Pertama, asal-muasal Kerajaan Arab Su’udiyyah yang Wahhabiyyah tumbuh dan berkembang disana dan selalu berkolaborasi menyebarkan subhat-subhatnya. Kedua, Sekte Wahhabiyyah itu sendiri, apakah bid’ah atau sunnah? Jangan hadapkan pertanyaan ini kepada mereka, karena mereka tidak atau pura-pura tidak tahu hakikat mereka sendiri, nasiyyam mansiyya. Sudah bukan rahasia lagi, karena tertera dalam banyak sejarah dan kitab, Arab Su’udiyyah (Arab Saudi, B. Indonesia) adalah buah dari pemberontakan yang dipimpin oleh seorang kepala suku bernama Ibnu Su’ud dari Najd (Riyadl sekarang) terhadap Khalifah Utsmany yang sah di Turki. Khalifah saat itu sedang gencar-gencarnya mengerah mayoritas pasukan Islam ke dataran Eropa untuk meluaskan wilayah kekhalifahannya dan  tentu saja untuk menyebar pesan agama, kalimah tauhid. Tetapi tugas mulia itu mendapat tantangan dari dalam, Riyadl. Disana pemberontak muncul. Akhirnya, karena konsentrasi Khalifah pecah antara Eropa dan Riyadl, beliau kalah di kedua-duanya. Dan ambruklah kekuasaan Islam yang terakhir itu, yang turut diandili oleh Sekte Wahhabiyyah. Kalau keabsahan seuntai hukum mesti digantungkan kepada legalnya sebuah kekuasaan, maka hukum-hukum produk Wahhabiyyah juga tidak mempunyai legalitas dalam dunia Islam, karena disupport dan didanai oleh Kerajaan Saudi, satu kekuasaan pemberontakan yang tidah sah.
Sementara faham Wahhabiyyah yang muncul pada abad 18 M mendapat sorotan dan kritikan dari ulama masanya sebagai paham sesat. Banyak kitab dikarang untuk menguak kesesatan aliran tersebut. Bukan hanya dari Syafi’iyyah, tapi juga dari seluruh mazhab yang ada. Nah, mengkritik Maulid sebagai bid’ah dan haram karena dirintis oleh Syi’ah, itupun belum tentu benar, maka bagaimana dengan keberadaan Sekte Wahhabiyyah dan seluruh produk hukumnya yang juga bid’ah dan haram?)
 قال سبط ابن الجوزي في مرآة الزمان ( حكى ) لي بعض من حضر سماط المظفر في بعض المواليد فذكر أنه عد فيه خمسة آلاف رأس غنم شواء وعشرة آلاف دجاجة ومائة ألف زبدية وثلاثين ألف صحن حلوى وكان يحضر عنده في الموالد أعيان العلماء والصوفية فيخلع عليهم ويطلق لهم البخور وكان يصرف على الموالد ثلاثمائة ألف دينار
Seorang cucu Ibnu Al-Jauzy mengungkapkan dalam kitab Mir-atuz Zaman: diceritakan kepadaku oleh sebahagian orang yang pernah menghadiri jamuan Maulid Raja Mudlaffar. Disebutkan, bahwa persediaan menu makanan disana 5.000 ekor kambing panggang (sate), 10.000 ekor ayam betina, 100.000 mangkok besar dan 30.000 pinggan manisan. Hadir bersama sang Raja pemuka-pemuka ulama dan ulama shufi, lalu dihidangkan untuk mereka dan dilepaskan bau harum kayu cendana. Beliau menginfakkan setiap Maulidnya tiga ratus ribu dinar emas.
(Kalau saja sipenceramah Radio itu punya kitab Mir-atuz Zaman dia tidak kebakaran jenggot seperti suaranya di Radio waktu itu dan matanya akan terbuka lebar-lebar, oo..ada ya masalah Maulid dalam Mazhab Syafi’i? Lihatlah kandungan kitab itu, pesta yang begitu meriah dengan menu makanan yang luar biasa. Tebakan kita, tamunya begitu banyak sehingga persediaan begitu melimpah-ruah.
 واستنبط الحافظ ابن حجر تخريج عمل المولد على أصل ثابت في السنة وهو ما في الصحيحين أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم فقالوا هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى ونحن نصومه شكرا فقال نحن أولى بموسى منكم وقد جوزي أبو لهب بتخفيف العذاب عنه يوم الإثنين بسبب إعتاقه ثويبة لما بشرته بولادته صلى الله عليه وسلم وأنه يخرج له من بين إصبعيه ماء يشربه كما أخبر بذلك العباس في منام رأى فيه أبا لهب ورحم الله القائل وهو حافظ الشام شمس الدين محمد بن ناصر حيث قال إذا كان هذا كافرا جاء ذمه وتبت يداه في الجحيم مخلدا أتى أنه في يوم الإثنين دائما يخفف عنه للسرور بأحمد فما الظن بالعبد الذي كان عمره بأحمد مسرورا ومات موحدا
Hafidl Ibnu Hajar berijtihad dan mengeluarkan hukum kegiatan Maulid dari dalil hadits yang tsabit, yang tersebut dalam shahih Bukahri-Muslem, bahwa ketika Nabi saw datang ke Madinah mendapati Yahudi berpuasa setiap hari ‘Asyura’ (kesembilan Dzul Hijjah). Beliau menanyakan hal itu kepada mereka yang dijawab dengan: hari ‘Asyura’ hari dimana Allah swt menenggelamkan Fir’un (dalam Laut Merah) dan menyelamatkan Nabi Musa as. Kami berpuasa karena kami mensyukuri nikmat tersebut. Nabi saw bersabda: “kami lebih berhak dan pantas dengan Musa dari kalian”. Sesungguhnya Abu Lahab mendapat balasan keringanan azab setiap hari isnin gara-gara memardekakan Tsuwaibah karena gembira atas kelahiran Nabi saw dan keluar air dari sela-sela jarinya untuk minum, demikian dikeluarkan dari ‘Abbas ra yang mimpikan Abu Lahab. Semoga Allah swt melimpahkan rahmat kepada yang berkata, yaitu Hafidl Syam Syamsuddin Muhammad bin Nasir, ketika beliau berkata: ini (Abu Lahab) seorang kafir yang diabadikan celaan atasnya dalam Al-Quran ‘celaka dua tangannya dalam neraka Jahim selama-lamanya’, tetapi setiap datang hari Isnin diringankan siksaan baginya hanya karena senang atas kelahiran Ahmad (Nabi saw). Maka bagaimanakah sangkaan dengan seorang hamba yang seluruh umurnya bergembira untuk Ahmad dan mati dalam keadaan bertauhid?
(Sampailah kita kepada dalil yang menjadikan Maulid sebagai bagian dari Syari’at Islam. Adalah Ibnu Hajar mengQiaskan Maulid kepada puasa Nabi saw dalam rangka mengenang kelepasan Nabi Musa dari kekejaman Fir’un pada hari ‘Asyura. Dalam artian, Nabi saw ikut berpuasa untuk mensyukuri nikmat yang dilimpah Allah swt kepada Musa as, karena berhasil selamat dari kejaran Fir’un laknatillah. Ini menunjukkan sunat juga bersyukur atas nikmat yang diberikan untuk orang lain, walaupun kita tidak kecipratan sedikitpun nikmat tersebut. Lalu Syaikh Ibnu Hajar melihat perbedaan yang mencolok sekali, dimana nikmat kelahiran Nabi saw terasa langsung kepada umatnya sampai hari ini dan kapanpun. Berarti ada sesuatu yang lebih pada perayaan Maulid dibandingkan dengan puasa Nabi saw dalam rangka mensyukuri keselamatan Musa as. Keadaan yang begini ini disebut dalam istilah Ilmu Usul Fiqh sebagai Qias Aulawy atau Qias ‘Illat. Artinya, pesan yang terkandung dalam puasa Nabi saw lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan pesan yang sama yang ada dalam perayaan Maulid, sehingga logika tidak membenarkan kalau Maulid haram sementara puasa Nabi saw mensyukuri kelepasan Musa as dari kejaran Fir’un dibolehkan. Karena tidak ada keuntungan apapun bagi Nabi saw atas selamatnya Musa as. Beda dengan mensyukuri nikmat kelahiran Nabi saw, yang dapat dirasakan langsung oleh kita, umatnya. Contah lain, termaktub dalam Al-Quran haram mengatakan ‘ah’ kepada orangtua, karena ada tersimpan pesan dibaliknya yang membuat ‘ah’ diharamkan, yaitu menyakiti orangtua. Sementara menyepak, menendang, memukul dan memaki yang memang tidak tertera dalam Al-Quran, apakah dibolehkan? Tentu saja tidak, walaupun tidak tercantum. Disinilah Qias Aulawy diberlakukan oleh para Usuly, bahwa lebih kuat dan kentara sekali pesan dibalik perbuatan biadab tersebut dibandingkan dengan hanya sekedar ucapan ‘ah’ saja. Artinya, akal sehat tidak membenarkan ‘ah’ haram sedangkan menyepak, menendang, memukul dan memaki tidak diharamkan. Demikianlah halnya dengan Maulid, kalau puasa Nabi saw dibolehkan untuk mensyukuri nikmat yang diberikan kepada Musa as dan tidak boleh perayaan Maulid untuk mensyukuri nikmat kelahiran Muhammad saw, tidak ada akal yang sehat yang dapat menerima hal tersebut. Semoga Wahhabiyyah diberi hidayah untuk dapat menangkap pesan ini. Mereka sering ingin meruntuhkan Qias ini dengan mengatakan, kalau memang Maulid diqiaskan kepada puasa Nabi saw pada hari ‘Asyura mengapa memperingati Maulid tidak dengan puasa? Mereka mengira bahwa ini pertanyaan mematikan yang membuat lawan bicaranya tidak berkutik lagi. Dalam kaidah-kaidah Qias tidak mensyaratkan apa yang mereka persoalkan lewat pertanyaan tadi. Salah satu unsure syarat Qias adalah adanya ‘illat (pesan tersembunyi dibalik sebuah perbuatan). Mengapa Nabi saw berpuasa bertepatan hari ‘Asyura? Karena bersyukur Allah telah menyelamatkan Musa as pada hari itu. Syukur adalah ‘illat atau pesan dibalik perbuatan Nabi saw, yang dijadikan pedoman oleh para ulama, bukan puasanya yang jadi barometer. Mengapa? Karena puasa juz-i (bagian)nya syukur, salah satu dari bentuk-bentuk bersyukur. Karena dalam perayaan Maulid ada ‘illat syukur, maka sangat layaklah kepadanya diberi hukum bersyukur secara umum, yakni boleh (sunat). Nah, bagaimana realitas Maulid sebenarnya? Berselawat, itu syukur. Bersedekah, juga syukur. Membaca sirah (sejarah) Nabi, itupun syukur. Secara keseluruhan, memperingati Maulid dengan salah satu dari berbagai macam syukur tetap dibolehkan, walau dengan menyedekahkan segelas kopi dengan niat mensyukuri kelahiran Nabi sekalipun masih dianggap merayakan Maulid.
Sekte Wahhabiyyah boleh untuk tidak setuju dengan Qias di atas yang dilakukan oleh Syafi’iyyah. Memang tidak menunggu dan mengharap persetujuan mereka. Karena, pertama, keabsahan sebuah Qias tidak bergantung kepada mereka. Kedua, setelah Qias dilakukan, tiba-tiba Wahhabiyyah teriak-teriak histeris mengingkarinya, tidak serta-merta Qias batal dan hukum yang dihasilkannya dianulir).
 قال الحسن البصري قدس الله سره وددت لو كان لي مثل جبل أحد ذهبا لأنفقته على قراءة مولد الرسول
Syaikh Hasan Al-Bashry, semoga Allah swt kiranya membersihkan jiwanya, berkata: “keinginanku seandainya aku mempunyai emas sebesar gunung Uhud akan aku infaqkan untuk pembacaan kisah kelahiran Rasul”.
(Impian seorang Al-Bashry, ingin mendermakan sejumlah harta untuk pembacaan sejarah Nabi saw, salah satu dari kegiatan Maulid, patut dijadikan pedoman dan motivasi untuk lebih menggalakkan perayaan Maulid).
  قال الجنيدي البغدادي رحمه الله من حضر مولد الرسول وعظم قدره فقد فاز بالإيمان
Syaikh Juned Al-Baghdady, semoga Allah swt merahmatinya, berfatwa: “siapa saja yang menghadiri Maulidir Rasul dan menghormati kemuliaannya, sesungguhnya dia telah mendapat keberuntungan imannya”.
قال معروف الكرخي قدس الله سره من هيأ لأجل قراءة مولد الرسول طعاما وجمع إخوانا وأوقد سراجا ولبس جديدا وتعطر وتجمل تعظيما لمولده حشره الله تعالى يوم القيامة مع الفرقة الأولى من النبيين وكان في أعلى عليين ومن قرأ مولد الرسول صلى الله عليه وسلم على دراهم مسكوكة فضة كانت أو ذهبا وخلط تلك الدراهم مع دراهم أخر وقعت فيها البركة ولا يفتقر صاحبها ولا تفرغ يده ببركة مولد الرسول صلى الله عليه وسلم )حاشية إعانة الطالبين جزء 3(
Ma’ruf Al-Kharkhy, semoga Allah swt kiranya membersihkan jiwanya, mengatakan: barang siapa menyediakan makanan untuk Maulidir Rasul, mengumpulkan handai-taulan, menyulut lampu penerang, mengenakan busana-busana indah serta harum dan cantik karena memuliakan kelahiran Rasul, maka Allah swt mengumpulkan dia pada hari kiamat kelak bersama kelompok pertama para Nabi dan dia berada di surga tertinggi. Barang siapa membaca kisah kelahiran Nabi saw dengan imbalan sejumlah uang yang ditempa, baik pirak ataupun emas, lalu dicampurkan dengan uang lainnya, maka seluruh uang menjadi berkat karenanya dan pemiliknya tidak akan jadi miskin serta tangannya tidak akan pernah hampa dengan berkat Maulid Rasul saw. (Hasyiyah I’anatuth Thalibin juz 3 hal.363-364).
(Paparan di atas menandaskan dengan tegas, bahwa penda’i yang terhormat telah berdusta dan mendustai kita semua. Berlagak sebagai seorang Syafi’iyyah dan seolah telah melakukan serangkaian observasi ilmiah terhadap kitab-kitab Syafi’iyyah lalu menyimpulkan, tidak ada pembahasan Maulid dalam mazhab apapun, termasuk mazhab yang dianut oleh seluruh rakyat Aceh. Kebohongannya ini, menunjukkan dia bukan seorang terpuji dan berakhlak mulia dan itu tidak layak disandang oleh seorang penda’i. Katakanlah dia seorang Wahhabiyyah yang sangat membenci Maulid, kita hargai itu sebagai hak pribadi dia dan sektenya. Lalu kemudian, mengapa berbohong soal Maulid dan menyaru sebagai penganut mazhab Syafi’i, itu yang kita persoalkan. Karena tindakannya itu mencerminkan dia seorang hipokrit yang sangat membahayakan umat dan Islam. Kita acungkan jempol atas kegigihannya membela Sekte Wahhabiyyahnya, suatu sikap sangat istiqamah yang dimilikinya. Bahwa menurut dia Sektenyalah yang benar, selainnya salah semua, itu yang kita pertanyakan, apa indikasinya Wahhabiyyah  benar dan yang lainnya salah? Kita katakan, bahwa perbedaan pendapat antara para sahabat telah dimulai pasca Nabi saw wafat. Tetapi tidak mengakibatkan mereka terkotak-kotak dan saling klaim kebenaran masing-masing. Demikian juga sesudahnya, sampai Mu’tazilah muncul dan dilanjutkan oleh Wahhabiyyah sekarang ini, kesombongan Sekte nampak mengemuka dan kentara sekali. Ada apa diseberang itu semua?
bersambung.....................

[1] Ibu Kota Negeri Kurdistan (umumnya dihuni suku oleh Kurdi), yang sekarang menjadi salah satu Propinsi Irak.