PARA TAMU YANG MULIA, SELAMAT BERKUNJUNG اهلا و سهلا مرحبا بكم جميعا

DISINI, KITA (MUSLIMIN SEJATI) BERBAGI INFORMASI ISLAMI UNTUK KEJAYAAN ISLAM SEJATI



DI TEPI PANTAI ATLANTIK

Rabu, 08 Februari 2012

MEMBONGKAR KEBOHONGAN SEORANG WAHABI


 bagian ke-15
MAULID DALAM KITAB IBNU KATSIR
قلت أما صاحب إربل فهو الملك المظفر أبو سعيد كوكبري ابن زين الدين علي بن تبكتكين أحد الاجواد والسادات الكبراء والملوك الامجاد، له آثار حسنة وقد عمر الجامع المظفري بسفح قاسيون وكان قد هم بسياقة الماء إليه من ماء بذيرة فمنعه المعظم من ذلك واعتل بأنه قد يمر على مقابر المسلمين بالسفوح وكان يعمل المولد الشريف في ربيع الاول ويحتفل به احتفالا هائلا وكان مع ذلك شهما شجاعا فاتكا بطلا عاقلا عالما عادلا رحمه الله وأكرم مثواه.
Menurut hematku (Ibnu Katsir), sementara penguasa Negeri Irbil adalah Raja Mudhlaffar Abu Sa’id Kaukabury Ibnu Zainuddin ‘Ali bin Tabkatkin, beliau salah seorang dermawan, pemimpin besar dan raja mulia. Beliau juga mempunyai peninggalan-peninggalan bagus. Diantaranya, beliaulah yang membangun Universitas Al-Mudlaffary di lereng Gunung Qasiyun, Siria. Beliau mencanangkan mengairi kesana dari sumber air di Dzairah, tapi dicegah oleh Mu’adldlam dengan alasan melintasi kuburan-kuburan Muslimin di lereng-lereng gunung. Beliau pula selalu melakukan Maulid Nabi saw pada bulan Rabi’ul Awal dengan pesta yang besar dan meriah sekali. Kepribadian beliau adalah seorang yang cerdas, pemberani, pantang mundur, tegas, bijaksana, seorang yang alim dan penuh keadilan, semoga Allah swt merahmati beliau dan memuliakan tempat kembalinya.[1]
(Seorang Ibnu Katsir bermazhab Syafi’i yang biasanya agak sedikit berbeda dalam beberapa masalah dengan Syafi’iyyah yang lain, ternyata memuji Maulid dan penggagasnya. Siapa sih penceramah Radio itu dibandingkan Ibnu Katsir? Sebaiknya sebelum ‘meupep-pep’ di udara buka-buka dulu beberapa kitab Syafi’iyyah, agar ceramahnya bermutu dan tak terkesan menipu.
Dan kalau dia menginginkan lebih banyak lagi kitab-kitab Syafi’iyyah yang memuat perkara Maulid, berikut ini penulis akan membantu dia menulis nama kitab disertai nomor halaman dan juznya. Dan, kalau misalnya dia tidak memilikinya, penulis rela meminjamkannya untuk sementara sedekar melihat-lihat.  
Pertama, kitab Tufatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj pada bab Walimatul Urs karya Ibnu Hajar Al-Haitamy.
Kedua, kitab Al-Hawasyi Syarwany wal ‘Ubady juz tujuh karya Syaikh Abdul Hamid Syarwany dan Syaikh Ahmad bin Qasim Al-‘Ubady.
Ketiga, kitab Sirul A’lami Nubala’ bab Shahib Irbil karya Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Ustman adz-Dzahaby.
Keempat, kitab Syarhul Qawim fi Halli Alfadlish Shirathil Mustaqim karya Syaikh Abdullah Al-Harary Al-Habsyi hal.421).
 bersambung..............


[1] Lihat lanjutan dalam kitab ‘Bidayah Wan Nihayah juz 13.